INI ALASAN KENAPA UBI CILEMBU LEBIH MANIS

shares |

Wartaku.info. Mungkin ada beberapa dari kita yang bertanya-tanya, alasan kenapa ubi Cilembu lebih manis dibanding ubi lainnya. Disini kita akan membahasnya, kenapa ubi cilembu lebih manis.

Ubi Cilembu di tanam di tanah di desa Cilembu Kecamatan Pamulihan, Sumedang. Dimana karakternya lebih unggul dari tanah di daerah lain karena memiliki kelimpahan bakteri endofit dan rhizosfer yang membuat ubi jalar jenis apapun yang ditanam di desa Cilembu akan memiliki rasa manis lebih baik.

Faktanya ubi cilembu sendiri bukanlah nama varietas, bahkan umbi cilembu varietas asli yaitu varietas Nirku sudah jarang ditanam dan digantikan varietas Rancing, Menes dan Eno yang lebih tahan terhadap penyakit.

Manisnya ubi cilembu bukan karena varietasnya tetapi karena karakteristik tanah di desa Cilembu yang memiliki kelimpahan bakteri endofit dan rhizosfer.

Adapun SOP penyimpanan Ubi Cilembu ini, ubi disimpan minimal 1 minggu setelah panen. Tujuannya agar bakteri endofit meningkatkan kadar glukosa 2,12% da fruktosa 1,62%. Peningkatan glukosa dan fruktosa terjadi seiring dengan penurunan kadar pati pada ubi selama proses penyimpanan.

Terroir ubi jalar ini bisa dikembangkan di daerah lain dengan cara meniru klimat, kadar air dan kadar C organik tanah seperti di desa Cilembu sebelum diinokulasi bakteri endofit secara berulang dalam waktu lama.

Ubi Cilembu sendiri sudah menjadi komoditas eksport ke beberapa negara sebagai produk 100% Asli Indonesia

Ubi di daerah lain juga dapat menjadi manis, caranya dengan bakteri ini ditebar dan dipelihara di tanah pertanian di tempat lain. Maka ubi jalar yang ditanam akan mirip dengan ubi Cilembu. Contohnya adalah Ubi ungu Mura Zaki dan ubi kuning Benny Azuma asli jepang rasanya lebih manis bila ditanam di desa Cilembu.

Berikut ini adalah isolat-isolat bakteri endofit dan rhizosfer yang ada di tanah cilembu adalah:
Bacillus Subtilis
Bacillus Mojavensis
Bacillus Megaterium
Bacillus Mycoides
Bacillus Licheniformis
Bacillus Amyloliquefaciens
Bacillus Safensis
Staphylococcus Haemolyticus.

Jadi sob, sudah tau kan sekarang kenapa ubi Cilembu lebih manis dari ubi di daerah lain hingga disebut sebagai ubi madu?.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment