Gagal Raih Emas, Atlet Senam Indoneaia Persembahkan Perak Untuk Indonesia Di SEA Games 2019 Filipina

shares |

Wartaku.info - Atlet senam Indonesia, Rifda Irfanalutfi, berhasil meraih medali perak di SEA Games 2019 Filipina setelah gagal mendapatkan emas karena gugup.

Rifda turun pada nomor all around senam artistik yang di helat di Rizal Memoriam Colliseum, Manila, Senin (2/12/2019). Dengan raihan skor total 12.100 menempatkan dirinya pada urutan kedua.

Rifda kalah kalah skor dari atlet Malaysia, Abdul Hadi Farah Ann yang berhasil mengumpulkan poin 12.500. Sementara itu, dibawah Rifda medali perunggu didapatkan oleh pesenam Negeri Jiran, Tang Ing Yueh, dengan catatan skor 11.600.

Rifda bersyukur atas hasil yang diraihnya tersebut walaupun sejatinya menargetkan dapat meraih medali emas. Dia mendapat penalti besar karena di balok keseimbangan banyak gerakannya yang goyang, bahkan hingga jatuh.

"Jadi, sebenarnya ini belum cukup puas di alat itu cuma kalau untuk di alat lain alhamdullilah," tutur Rifda, seusai tampil.

Menurut Rifda, alasan yang menjadi penyebab gerakannya tidak stabil karena adalah karena dia terlalu gugup. Ada beban mental dari torehan pada SEA Games 2017, dimana Rifda adalah juara bertahan di nomor balok keseimbangan perorangan.

"Kalau untuk fisik alhamdullilah tidak ada masalah. Hanya saja kurang kontrol emosi, padahal disitu harusnya tenang. Tetapi tadi malah deg-degan akhirnya sedikit goyang. Mungkin karena kemarin mendapat emas, jadi bikin deg-degan," jelas Rifda.

Selain itu, pada nomor lantai Rifda juga mendapat penalti skor karena saat menumpukan kakinya di lantai ada pantulan yang berulang.

"Untuk yang di lantainya sendiri akrobatik dan gymnastic saya masuk semua, tetapi ketika pas landing mantul-mantul, jadi cukup besar jaraknya, karena pengurangannya yang besar di sana," lanjut Rifda.

"Tetapi, atas hasil ini tetap bersyukur karena untuk all around saya tidak ada dipatok target (oleh pelatih). Namun semua atlet pasti berharapnya mendapat emas," tambah Rifda.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment