Puluhan Ekor Sapi di Desa Hayup Kabupaten Tabalong Mati Mendadak

shares |

Wartaku.info - Kesehatan. Sejak dari beberapa pekan lalu para peternak di Desa Hayup, Kecamatan Haruai, Tabalong  dirundung kekhawatiran karena adanya kematian puluhan sapi peliharaan secara mendadak. Sapi yang dipelihara warga Desa Hayup adalah jenis sapi bali yang memang sudah sejak lama menjadi pilihan warga setempat untuk dipelihara.

Sapi bali tersebutlah yang sejak beberapa pekan terakhir ditemukan banyak yang mati mendadak. Berdasarkan informasi pihak terkait, sapi-sapi yang mengalami kematian mendadak jumlahnya mencapai puluhan ekor. Rata - rata sapi yang mati ini adalah sapi lepasan atau tidak dikandangkan.
Puluhan Ekor Sapi di Desa Hayup Kabupaten Tabalong Mati Mendadak
Puluhan Ekor Sapi di Desa Hayup Kabupaten Tabalong Mati Mendadak
Dugaan awal kematian sapi tersebut semenatara akibat serangan dari penyakit jembrana. Hal ini disimpulkan dari ciri-ciri fisik yang terlihat dimana ada keluar darah pada pori-pori, hidung, lobang telinga dan bagian tubuh lain yang berlobang dari sapi.

Rasa khawatir akibat banyak sapi yang mati mendadak membuat para peternak sapi mengandangkan sapi -  sapinya. "Khawatir sih, cuma tiga bulan lalu sudah disuntik jadi agak mendingan," kata Mujiyo Selasa (7/11/2017) siang.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment