Semua Rumah Sakit Harus Terima Pasien BPJS Karena Pasti Dibayar Negara

Wartaku.info - Warta Kita. Semua Rumah Sakit Harus Terima Pasien BPJS Karena Pasti Dibayar Negara. Saat ini sedang ramai jadi perbincangan bahkan dikalangan orang pemerintahan mengenai kasus kematian bayi Debora di RS Mitra Keluarga. Mungkin banyak diantara masyarakat yang bertanya kok ada rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS dan kok ada rumah sakit swasta yang tidak bekerja sama dengan BPJS, pertanyaannya apakah susah untuk sebuah rumah sakit bekerjasama dengan BPJS?. Apakah mekanisme BPJS yang mengajak rumah sakit untuk berpartisipasi dengan BPJS ataukah harus ada pengajuan dari rumah sakit untuk berpastisipasi kepada BPJS. 

Semua Rumah Sakit Harus Terima Pasien BPJS Karena Pasti Dibayar Negara
Semua Rumah Sakit Harus Terima Pasien BPJS Karena Pasti Dibayar Negara
Menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay "Sebenarnya dalam kasus ini kedua - dua nya membutuhkan, karena sebagai penyedia jaminan kesehatan BPJS seharusnya tentu BPJS harus punya rumah sakit. Akan tetapi BPJS sendiri tidak mempunyai rumah sakit, sementara rumah sakit yang ada adalah milik pemerintah dan milik swasta. Sehingga dijalinlah kerja sama baik itu dengan rumah sakit baik itu yang milik pemerintah maupun yang milik swasta, persoalannya disini memang BPJS ini membuat standar. Dimana standar rumah sakit yang bisa bekerjasama dengan BPJS ini ada 8 item. Jadi ketika sebuah rumah sakit tidak memenuhi unsur tersebut maka tidak bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Selanjutnya memang ada supervisi dari pihak BPJS kepada rumah sakit yang ingin bekerjasama untuk dapat memenuhi persyaratan tersebut".

"Untuk kasus RS. Mitra Keluarga memang sudah mengajukan kerjasama dengan BPJS namun sudah 2 tahun belum juga diterima kerjasama, entah karena pihak rumah sakit tidak memenuhi persyaratan itu atupun dari pihak lain yang tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut dan hal ini lah yang perlu dilakukan investigasi" Lanjut saleh.

Namun ada pertanyaan lain yaitu, apakah rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS akan mengalami permasalahan finansial yang imbasnya mereka tidak bisa optimal melakukan pelayanan kepada pasien yang menjadi peserta BPJS?. Sebenarnya tidak demikian juga, karena pada tahun 2017 saja anggaran negara untuk BPJS jumlahnya fantastis hingga mencapai 25 Triliun dan defisit 9 Triliun sehingga ada 34 Triliun total nya. Jadi karena memang BPJS ini adalah jaminannya negara maka harus dibayar, sehingga harusnya semua rumah sakit bisa berpartisipasi untuk menangani pasien BPJS. Kalau ada rumah sakit yang menomor dua kan pasien BPJS ini adalah hal yang salah karena pasien BPJS ini justru adalah pasien yang pasti bayar karena di backup oleh negara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semua Rumah Sakit Harus Terima Pasien BPJS Karena Pasti Dibayar Negara"

Post a Comment