Ada Syarat - Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk SP3 Kasus Rizieq Shihab

Wartaku.info - Warta Kita. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Argo Yuwono menyebutkan bahwa penyidik Direskrimsus Polda Metro Jaya belum meberikan putusan terkait surat permohonan penghentian kasus dugaan chat mesum yang ada di situs baladacintarizieq.com.

Diketahui bahwa surat permohonan tersebut telah dilayangkan oleh pihak pimpinan Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab yang saat ini menjadi tersangka di kasus itu. Hingga saat ini pihak kepolisian hingga kini masih mendalami surat permohonan tersebut.

"Ya masih belum, masih dalam proses analisa oleh penyidik sampai saat ini," ujar Argo kepada wartawan pada Kamis (31/8/2017).

Argo juga menjelaskan, jika pihak kepolisian tidak bisa sembarang mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) untuk memberhentikan suatu kasus pidana. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk SP3 suatu kasus hukum, jika nantinya oleh polisi (penydik) menganggap bahwa kasus tersebut tidak bisa ditindaklanjuti secara hukum batulah SP3 ini keluar.

"Ada syarat-syarat mengeluarkan SP3. Yang pertama yaitu sesuai dengan KUHAP; kedua ada tindak pidana; ketiga kedaluwarsa dan tidak cukup bukti barulah nanti penyidik yang akan menentukan keputusannya di situ," lanjut Argo.

Argo sendiri tidak mau berandai-andai mengenai apakah permohonan Rizieq bisa dikabulkan atau tidak. Meburutnya keputusan itu nanti akan dilakukan pada saat penyidik melakukan gelar perkara kasus.

"Saat ini penyidik masih terua mengumpulkan jadi kita tunggu saja bagaimana jalannya proses hukum dan perkembangan dari penyidikan terhadap yang bersangkutan (Rizieq)".

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Syarat - Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk SP3 Kasus Rizieq Shihab"

Post a Comment