Tari Saman 10.001 Gayo Lues

shares |

Wartaku.info - Warta Kita. Ribuan pasang mata tertuju ke Gayo Lues Aceh yang menghelat hajatan besar tari Saman 10.001 yang di langsungkan di Stadion Seribu Bukit, Kecamatan Blang Kejren, Gayo Lues (13/8/2017).

Tari Saman yang dibawakan oleh laki-laki ini adalah tarian adat Indonesia berasal dari empat kabupaten di Aceh yaitu Kab. Aceh Tamiang, Kab. Aceh Tenggara, Kab. Aceh Gayo, serta Kab. Aceh Timur.

Turut menyaksikan juga Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) tari saman yang di ikuti penari sejumlah 12.262 orang. Tari Saman sendiri telah menjadi ikon kebudayaan Gayo yang dimiliki oleh dunia.

"Masyarakat Gayo Lues ini patut berbangga hati karena telah menciptakan Tari Saman. Tari Saman ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia bukan Benda per tahun 2011," ucap sang Gubernur.

Tari sama juga dikenal sebagai "Tari Seribu Tangan" yang merupakan tarian adat Suku Gayo, Aceh yang secara adat sendiri ditampilkan sebagai media dakwah.

Irwandi Yusuf juga menyebut bahwa setelah tari saman ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda, Pemerintah Republik Indonesian, dan Pemerintah Aceh dan Pemerintah, serta Kabupaten Gayo Lues memiliki kewajiban untuk mempromosikan Tari Saman hingga ke seluruh penjuru dunia untuk menjadi daya tarik atraksi budaya yang mampu untuk menarik minat wisatawan mancanegara.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment