Duduk Bersama, KKP dan DPR Kaji Rencana Revisi Undang - undang Perikanan

shares |

Wartaku.info - Warta Kita. Hadir dalam rapat kerja bersama Badan Legislasi DPR RI Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti didampingi Sekretaris Jendral KKP Syarif Widjaja membahas tentang rencana revisi terhadap undang - undang perikanan nomor 45 tahun 2009 (2/2/2017). UU Nomor 45 tahun 2009 sendiri sebenarnya adalah revisi undang -undang perikanan sebelumnya yaitu UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Adapun agenda bahasannya sendiri tentang perubahan UU yang mengacu pada penguatan Kmenterian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyangkut pemberantasan tindak kejahatan Illegal Unreported and Unregulated Fishing. Selain hal itu juga dibahas tentang penyederhanaan proses pengurusan perijinan kapal perikanan dan meningkatkan kekuatan sistem pengembangan perikanan yang berorientasi pada pemerataan kesejahteraan yang berkeadilan bagi masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh Undang - undang dasar negara kesatuan republik Indonesia. Harapannya dengan adanya revisi ini kedaulatan ekonomi kemaritiman Indonesia dapat terjaga dan semakin kuat baik di dalam maupun luar negeri.

Kebijakan ini diambil Menteri Susi Pudjiastuti karena sejauh ini kebijakan yang diambil KKP sering terganjal oleh gugatan dari pihak luar seperti Mahkamah Konstitusi karena undang - undang yang ada saat ini memang belum mengcover ataupun belum memiliki kekuatan yang cukup untuk ambil bagian lebih sehingga hal ini di anggap sangat perlu sekali sebagai pijakan langkah awal KKP.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment