Resmi dilantik, Ignasius Jonan Archandra Tahar Pimpin Kementerian ESDM

shares |

Warta Kita - Sempat lowong posisi Menteri ESDM setelah di copotnya menteri saat itu Archandra Tahar dari Kursi Menteri ESDM akibat kasus kewarganegaraan kemudian di Plt kan ke Luhut Binsar Pandjaitan yang beberapa waktu kemarin rangkap jabatan akhirnya Presiden Jokowi lantik Menteri ESDM baru.

Walaupun dibilang Menteri baru namun namanya tidak asing di susunan kabinet Jokowi, sosok itu adalah Ignasius Jonan mantan dirut PT. KAI dan juga Mantan Menteri Perhubungan di Kabinet Kerja Joko Widodo yang terkena reshufle beberapa waktu lalu bersama Anis Baswedan Dkk.

Penunjukan Ignasius Jonan sebagai Menteri ESDM yang baru terbilang mengejutkan karena jauh dari rumor dan tiba-tiba. Namun, nyatanya yang terkejut bukanlah hanya masyarakat tetapi sang Menteri itu sendiri juga tak kalah terkejut. Pasalnya 2 jam sebelum acara pelantikan Jonan baru di beritahu untuk menghadiri pelantikan Menteri ESDM baru dan disuruh untuk menggunakan setelan jas lengkap tanpa di beritahu bahwa dirinyalah yang akan di lantik.

Hal yang lebih mengejutkan juga ada dalam acara pelantikan Ignasius Jonan sebagai Menteri ESDM yang baru, jabatan yang sebelumnya tidak ada di kementerian ESDM yaitu Wakil Menteri kemudian diadakan karena di rasa perlu mengingat posisi Kementerian tersebut yang sangat strategis. Lebih mengejutkan lagi bahwa nama yang di plot untuk menempati posisi tersebut adalah Archandra Tahar yang notabene adalah Mantan Menteri ESDM yang sebelumnya di turunkan kurang dari 1 bulan semenjak pelantikannya karena isu kewarganegaraan.

Kembalinya Archandra Tahar ke Kementerian ESDM tentunya menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan, tetapi terkait isu kewarganegaraan yang menjerat dirinya sekarang sudah clear dan Archanda Resmi adala Warga negara indonesia setelah dipulihkan kewarganegaraannya melalui SK kemenkumham mengingat status nya sebelumnya yang tanpa kewarganegaraan.

Meski dianggap kontroversial tetapi banyak pihak yang menunggu gebrakan dari pasangan Menteri dan Wakil Menteri ESDM Jonan - Archandra dalam mewujudkan sumberdaya alam yang sebesar-besarnya dikelola untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment