Pangkas Kesenjangan, BBM Se-Indonesia Satu Harga

Warta Kita - Bukan rahasia lagi kalau harga kebutuhan di daerah terluar terdepan Indonesia harga - harga kebutuhan masyarakat harga nya menjulang tinggi, bahkan lebih tinggi melebihi 100% daripada di jakarta. Meliahat hal itu pemerintah mencanangkan BBM satu Harga se-Indonesia, komitmen ini di sampaikan langsung oleh presiden jokowi.

Sebagai tindak lanjut dari hal itu baru - baru ini presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Papua, salah satu yang di tinjau adalah Bandara Nop Goliat Dekai yang baru selesai di bangun di wilayah Yahukimo, Papua sekaligus meresmikannya. Presiden juga menyempatkan meninjau pesawat Pelita Air yang merupakan salah satu transportasi BBM di wilayah Papua sembari berbincang dengan sang Pilot.

BBM subsidi di papua tak lagi mahal, demi pemerataan pembangunan dan pemerataan fasilitas dari negara untuk masyarakat.

Dahulu BBM subsidi di papua yaitu premium harganya mencapai 50rb sampa menyentuh 100rb /liter nya saja, coba bandingkan dengan di pualu jawah yang harganya jauh dibawah 10rb saja ketika ada kenaikan seribu atau bahkan 500 rupiah saja demo dan protes sudah terjadi dimana - mana.

Perbedaan harga ini membuat pemerintah merasa perlu untuk melakukan upaya penyeragaman harga BBM Subsidi agar orang - orang di daerah terluar dan terdepan seperti papua juga dapat merasakan BBM dengan harga dibawah 10ribu.

Upaya penyeragaman harga BBM oleh pemerintah ini dilakukan dengan memberikan subsidi pengiriman BBM ke daerah - daerah tersebut dengan berbagai inovasi moda transportasi yang sudah dirancang seperti berikut:

Untuk wilayah Timur pemerintah menjadikan 3 wilayah sebagai terminal BBM diantaranya Manokwari, Biak dan Jabber Timika. Sedangkan untuk moda transportasi yang digunakan sendiri masing - masing tempat berbeda tergantung dari akses transportasi yang paling memungkinkan dan efisien yang dapat di gunakan.

Berikut data daerah dan moda transportasi yang digunakan untuk mendistribusikan BBM Bersubsidi tersebut:
1. Peg Arfak dengan Truk atau Pikap
2. Mamberamo Raya dengan Kapal
3. Nduga dengan Kapal
4. Intan Jaya dengan truk
5. Puncak Jaya dengan Air Tractor Bandara Mozes Kilangin
6. Tolikara dengan Air Tractor Bandara Mozes Kilangin
7. Yalimo dengan Air Tractor Bandara Mozes Kilangin
8. Mamberamo Tengah dengan Air Tractor Bandara Mozes Kilangin

Dengan upaya yang di lakukan pemerintah ini akhirnya dapat merasakan harga BBM Subsidi dibawah 10ribu sebagaimana yang ada di jawa.

Berikut adalah harga BBM sebelum ada program satu harga dari pemerintah di 3 wilayah di Indonesia
1. Papua, Harga BBM bisa mencapai 100ribu /liter
2. Kaltara, Harga BBM bisa mencapai 25 ribu /liter
3. Maluku, Harga BBM bisa mencapa 15 ribu /liter

Dengan adanya gebrakan ini, dimungkinkan bahwa kebutuhan pokok masyarakat akan semakin terjangkau karena biaya transport dari produsen ke daerah tersebut akan terpangkas dari turunnya harga BBM ini. 
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pangkas Kesenjangan, BBM Se-Indonesia Satu Harga"

Post a Comment