Menatap Tol Laut Banyuwangi - Lombok (Mataram) Untuk Distribusi Barang Yang Lebih Baik

Warta Kita - Semenjak Jokowi menjabat sebagai presiden Republik Indonesia sedang membuat berbagai gebrakan salah satunya melalui program Tol Laut. Apa sih Tol Laut itu? Jadi kalau ada yang berpikir kalau Tol Laut itu adalah jalan tol diatas laut adalah salah, tol laut ini ada moda distribusi menggunakan armada kapal yang akses darat tidak memungkinkan atau kurang efisien. Program Tol Laut yang sebelumnya sudah berjalan adalah dari Nusatenggara ke Jakarta yaitu untuk distribusi sapi dalam upaya menjaga harga daging sapi agar dapat lebih terjangkau. Selanjutnya pemerintah sedang mempersiapkan Tol Laut Banyuwangi - Lombok, tapi apakah ini efektif dan efisien?.
Dipandang dari aspek ekonomi sangat bermanfaat dan mendorong efisiensi baik dari segi waktu maupun finansial. Adanya Tol Laut Banyuwangi - Lombok juga sangat bermanfaat bagi keselamatan transportasi, mesngingat jalur gilimanuk - denpasar terkenal sebagai jalur tengkorak karena waktu tempuh yang mencapai 4 jam dengan jalan yang kecil sedangkan kendaraan yang lewat banyak truk - truk yang melintas membawa logistik yang tujuannya ke lombok.
Pendapat Emsidik sebagai masyarakat mengenai Tol Laut Banyuwangi - Lombok ini "lebih bagus dari segi kecepatan lebih cepat dan lebih bagus, karena di daerah banyuwangi ke bali - lombok sering macet terutama di hari - jari ramai, apalagi jika ada kecelakaan bisa sehari semalam lebih dalam perjalanan".
Adanya Tol Laut ini akan mempercepat distribusi barang yang tentunya akan membuat harga barang dan jasa di lombok dan daerah Indonesia Timur lainnya lebih dapat di tekan karena biaya transportasi barang dan jasa yang sebelumnya di akses lewat jalan darat dan menyeberang dua kali yang tidak efisien, dengan adanya tol laut banyuwangi lombok maka nantinya penyeberangan hanya di lakukan satu kali dari pelabuhan umum Banyuwangi (pelabuhan Tanjungwangi) ke pelabuhan Lembar, Lombok tanpa harus melalui jalan darat melewati pulau bali.
Tol Laut ini juga akan bermanfaat pada berkurangnya kemacetan di pulau bali dengan berkurangnya kendaraan - kendaraan besar yang harusnya melewati bali di alihkan melalui Tol Laut Banyuwangi - Lombok yang imbasnya juga menurunkan potensi kecelakaan jalur Gilimanuk - Denpasar yang sebelumnya sudah disebutkan terkenal sebagai jalur tengkorak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menatap Tol Laut Banyuwangi - Lombok (Mataram) Untuk Distribusi Barang Yang Lebih Baik"

Post a Comment