Hindari Tongkang Batu Bara KMP Lambelu Kandas Di Tarakan dengan 1000 Penumpang

shares |

Warta Kita - Sebuah kapal penumpang diketahui kandas di perairan Tarakan tidak jauh dari pelabuhan pada Minggu dini hari (23/10/2016). Kapal penumpang tersebut diketahui adalah KMP. Lambelu.

Saat dimintai keterangan Nahkoda Kapal KMP. Lambelu menceritakan perihal penyebab kandasnya kapal yang dikemudikannya pada minggu dini hari tersebut. Berdasarkan keterangan sang Nahkoda kapalnya tersebut akan masuk ke pelabuhan Tarakan, tetapi saat berjarak 2 jam dari pelabuhan tarakan ada sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di depannya.

Nahkoda menyebutkan sudah berusaha untuk menghubungi kapal tongkang batubara tersebut namun tak ada respon. Mengingat konidis yang mendesak dan bertanggung jawab atas keselamatan seluruh penumpang di kapalnya akhirnya ia memutuskan untuk membelokan kapalnya ke arah kiri untuk menghindari tabrakan.


Sayangnya kapalnya justru kandas karena ternyata jalur yang di ambil dangkal, upaya untuk memundurkan kapal pun dicoba namun tidak membuahkan hasil dan kapal tidak bergerak. Nahkoda akhirnya menghubungi otoritas pelabuhan untuk mendapatkan bantuan. Merespon laporan berbagai instansi terkait berupaya semaksimal mungkin untuk meberikan pertolongan terutama pada keselamatan penumpang yang mencapai 1000 an orang.

Hingga Minggu sore proses evakuasi penumpang baru bisa setengahnya saja, selebihnya sekitar 500an orang oenumpang masih berada diatas kapal dan rencana akan kembali di evakuasi senin pagi.


Upaya selanjutnya setelah berbagai pertimbangan akhirny KMP. Lambelu langsung di evakuasi dengan ditarik 2 kapal, sementara 500an penumpang yang masih belum di evakuasi tetap berada diatas kapal di evakuasi bersama kapal tersebut.


Related Posts

0 komentar:

Post a Comment