Bentuk Satgas Sapu Bersih Pungutan Liat (Satgas Saber Pungli) siap babat PNS dan Preman Pasar Yang Bermain

Warta Kita - Selain terkenal Korup birokrasi Indonesia juga dianggap ribet dan berbelit serta panjang, hal ini lah yang menyebabkan praktik pungli perizinan dan birokrasi banyak menjamur di berbagai instansi dari tingkat pusat hingga ke Desa. Sebut saja pembuatan KTP bisa memakan waktu berbulan - bulan tak kunjung jadi, tetapi dengan uang pelicin sehari ditunggu bisa langsung jadi atau atau oungutan kios pedangan dengan dalih keamanan oleh preman - preman pasar yang tidak bertanggung jawab.

Melihat kenyatan itu sepertinya pemerintah saat ini mulai gatal karena banyak menyengsarakan dan menyusahkan masyarakat luas.  Mulai dari OTT di kementerian Perhubungan dengan mengamankan uang tunai puluhan juta rupiah dan rekening dengan dana lebih dari 1 milliar rupiah pemerintah mulai menabuh genderang perang terhadap Pungli baik di instansi dan lembaga pemerintahan mauoun di pasar serta jalan - jalan yang dilakukan oleh pemerintah.

Komitmen pemerintah tersebut diwujudkan dengan dibentuknya Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau disingkat Satgas Saber Pungli yang melibatkan berbagai instansi oemerintah dari penegak hukum kepolisian dan kejaksaan, KPK hingga partisipasi masyarakat untuk melaporkan jika menemui pungli.

Fakta dilapangan untuk instansi dan lembaga biasanya meminta pungutan dengan dalih administrasi atau biaya pengurusan sedangkan di lingkuo preman biasanya uang keamanan.

Ancamannya sendiri tidak main - main utnuk pegawai yang bermain minimal adalah pemberhentian secara tidak hormat dan juga bisa dipidanakan, untuk tingkat preman akan diamankan dan juga jika terbukti akan dijerat dengan hukum pidana. Harapan pemerintah dengan dibentuknya Satgas Saber Pungli ini kegiatan berbau pungutan liar terutama di pelayanan publik tidak ada lagi sehingga masyarakat akan nyaman untuk melakukan admistrasi kenegaraan tanpa masalah dan keribetan.

Uoaya lain dari pemerintah untuk mendukung pemberantasan pungki ini adalah mulai diterapkannya sitem online di berbagai pengurusan dan pembayaran administrasi kenegaraan seperti surat izin dan juga dokumen keoendudukan maupun dengan pemotongan alur birokrasi yang terlalu ribet dengab alur baru yang lebih baik dan lebih efisien. Ditambah lagi pemerintah juga telah mengurangi dokumen perizinan yang sebelumnya terlalu benyak menjadi lebih sedikit dan efektif namun sasaran pengawasannya tetap didapat.

Pemerintah sendiri melalui Menpan RB Asman Abnur menyampaikan "apabila ada Aparatur Sipil Negara ataupun PNS yang melakukan pungli ke kementeriannya untuk di proses dengan ancaman minimal di berhentikan. Masyarakat datang untuk mengurus dokumen perijinan dan administrasi bukan untuk di tarik uang pungutan" tegas Abnur.

Presiden Jokowi pun menginstruksikan untuk ASN yang terbukti melakukan tindak pungki labgsung berhentikan tanoa kompromi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bentuk Satgas Sapu Bersih Pungutan Liat (Satgas Saber Pungli) siap babat PNS dan Preman Pasar Yang Bermain"

Post a Comment