Sistem Ganjil Genap Diberlakukan Di Jakarta, Pengendara Kelabui Petugas Dengan Plat Nomor

Warta Kita - Penerapan sistem ganjil genap sepertinya masih perlu pengkajian terutama kesiapan segala aspek pendukung serta aturan yang ada.  Sistem ganjil genap diberlakukan di Jakarta, namun masih ada pengendara kelabui petugas dengan plat nomor ganda bahkan triple. Ini menandakan bahwa aturan tersebut masih kurang efisien dan efektif mengurangi kemacetan DKI Jakarta dan perlu ada pengkajian ulang. Pengkajian yang kita maksud disini bukan berarti sistem ganjil genap ini tidak bagus, tetapi faktor pendukungnya belum siap dan kurang bagus.

Buktinya hingga saat ini aturan ganjil genap sudah diberlakukan sebulan lebih Jakarta masih tampak macet seperti biasanya. Sistem ganjil genap secara teori akan sangat baik dan efektif apabila di terapkan dalam upaya mengurangi kemacetan. Tidak percaya? jadi umpamakan plat nomor itu di buat sesuai nomor urut maka paling tidak akan ada setengah kendaraan ber plat nomor genap dan setengahnya lagi ber plat nomor ganjil atau mendekati. Harusnya melihat hal ini dalam beberapa hari saja kalau sudah ada sosialisasi dan pengawasan maka akan cukup terlihat perbedaan di wajah kemacetan Jakarta. Faktanya yang ada di lapangan adalah ada banyak substansi yang komplek yang membuat teori tadi tidak berlaku, misalnya seperti ini:


Yes, masih banyak pengendara nakal dan taat aturan yang sering kucing-kucingan dengan petugas untuk mengelabui peraturan yang ada. Di dalam gambar melihatkan bahwa sistem ganjil gendap masih bisa di akali oleh pengendara dengan mempunyai double plat ganjil genap atau bahkan triple seperti gambar di atas. Loh kan yang di atas itu ke tangkep? iya ke tangkap terus untuk yang lainnya? pasti masih cukup banyak lagi yang memakai modus seperti ini dan kendalanya adalah jumlah petugas yang ada di lapangan tidak cukup memadai untuk mencover mengecek plat kendaraan yang lewat satu persatunya setiap hari, setiap jam dan setiap detiknya, bisa bayangin dong jumlah mobil yang beredar di jalanan Jakarta berapa sampai daerah seluas jakarta ajah macet.

Selain hal itu, pemilik kendaraan dengan plat nomor ganjil ataupun genap dapat membeli lagi mobil lainnya untuk plat nomor pasangan sehingga setiap harinya tinggal gonta ganti saja. Loh masa yang ini bisa? iya bisa karena mobil sekarang banyak pilihannya apalagi ada LGCC (Mobil Murah) sehingga untuk perekonomian karyawan swasta kebanyakn di Jakarta masih bisa untuk mengalokasi mengambil mobil lagi bisa kredit murah.

Yang terakhir tidak adanya pembatasan mobil yang dilego ke pasaran sementara pengurangan mobil di peredaran yang sangat minim membuat mobil yang ada selalu bertambah banyak bahkan untuk setiap harinya padahal jalannya ya segitu-segitu saja ditambah arus urbanisasi ke Jakarta relatif tinggi sehingga potensi ini menjadi semakin besar pula.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Ganjil Genap Diberlakukan Di Jakarta, Pengendara Kelabui Petugas Dengan Plat Nomor"

Post a Comment