Ombak Tinggi Hingga 5 Meter Nelayan Di Himbau Berhati-hati Saat Melaut

Warta Kita - Cuaca buruk sedang mendera hampir seluruh wilayah indonesia, salah satunya di wilayah perairan Kabupaten Banyuwangi yaitu daerah Selat Bali dan sekitarnya. Ombak yang tinggi hingga mencapai 5 meter membuat pemerintah setempat menghimbau nelayan agar berhati-hati saat melaut bahkan jika tidak memungkinkan diharapkan agar menunda dulu untuk berangkat melaut sampai cuaca membaik. Tingginya ombak dan cuaca buruk yang sedang terjadi ini memang sudah terjadi dari akhir bulan lalu terutama di wilayah laut selatan dari mulai pangandaran, cilacap, kebumen, gunung kidul yogyakarta, jember hingga banyuwangi dan bali. Meski beberapa waktu sempat mereda tetapi cuaca masih terus berubah ubah.

Di wilayah Kabupaten banyuwangi selama seminggu terakhir sedikitnya ada 3 kecelakaan kapal nelayan yang menewaskan 1 orang bernama Suyono, 63 tahun Lembangan, Ledokombo Kabupaten Jember  setelah perahu yang iya tumpangi terbalik karena di hantam ombak di wilayah perairan Muncar pada Jumat (29/7). Sempat dinyatakan hilang jenazah korban ditemukan sabtu pagi (30/7) di pantai Sukojati yang masuk eilayah kecamatan kabat. 2 kecelakaan lain terjadi pada hari yang sama yaiti selasa (2/8) dua Speed Boat nelayan dihantam ombak dan terbalik saat sedang melintas di perairan Plawangan, Banyuwangi. Kedua speed boat tersebut milik nelayan dusun Grajagan kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.
Kejadian terbaliknya 2 speedboat nelayan grajagan ini pun membuat trauma nelayan grajagan lainnya yang kemudian memilih tidak melaut karena takut kejadian serupa terulang sambil menunggu cuaca kembali normal. BMKG Kab. Banyuwangi sendiri belum bisa memastikan sampai kapan cuaca buruk ini akan terus berlangsung sehingga untuk nelayan yang memilih tetap melaut dihimbau untuk waspada dan menyiapkan peralatan keselamatan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ombak Tinggi Hingga 5 Meter Nelayan Di Himbau Berhati-hati Saat Melaut"

Post a Comment