Nah ini dia 5 makanan enak dan sehat dari resep masakan khas Indonesia

Warta Kita - Kesehatan - Mencari makanan enak dari resep masakan Indonesia sepertinya bukan hal yang sulit, karena selain kaya kan adat dan budaya Indonesia juga kaya akan resep masakan khas daerah dari setiap wilayah yang beda. Sebut saja Rendang yang khas dari masakan padang, atau soto mulai dari soto kudus, soto tegal ataupun soto madiun dan yang lainya semua punya khasnya masing-masing. Namun dari yang enak tersebut ada juga loh yang masuk kategori Makanan Sehat yang sangat baik bagi tubuh kita dan banyak gunanya, dan yang pasti mendapatkannya bukan urusan sulit karena banyak di jual di sekitar kita.

Sumber: Pixabay.com

Nah berikut ini Warta Kita telah merangkumnya "5 makanan enak dan sehat dari resep masakan khas Indonesia" karena memang makanan - makanan ini cuma ada di Indonesia:

1. Sayur Asem
Sayur asem adalah satu sayur primadona bagi orang - orang terutama di pulau jawa mulai dari jawa barat, jawa tengah hingga jawa timur. Selain enak dan segar sayur asem juga bermanfaat bagi kesehatan hal ini karena komposisi dalam sayur asem sendiri yang antarai lain terdiri dari kecambah, kacang panjang, jagung manis, kedelai, talas dan yang lainnya karena memang berbeda daerah komposisinya pun sedikit berbeda. Makanan - makan tadi kaya akan vitamin dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh, selain itu Sayur asem juga bebas dari kolesterol karena memang tidak melalui proses penggorengan serta tidak mengandung santan.

2. Gado-gado
Gado-gado juga sering mendapat sebutan sebagai salad khas Indonesia, hal ini karena gado-gado terdiri berisi berbagai macam sayur - sayuran yang baik bagi tubuh kita, sebut saja  kentang, kacang panjang, kubis, tomat, wortel, telur dan saus kacang. Komposisi bahan - bahan sayuran tersebut yang ada di gado-gado cukup mewakili zat - zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita karena menag mengandung banyak vitamin, lemak, karbohidrat, maupun protein.

3. Rujak
Rujak sama gado-gado ini hampir sama sob tetapi sedikit berbeda, nah loh jadi sama atau beda? jadi beda tapi hampir sama dalam hal komposisinya. Komposisi rujak hampir sama dengan gado-gado, perbedaanya adalah jika pada rujak rujak dia menggunakan petis sebagai saus. Petis dalam rujak memiliki kandungan kalori, karbohidrat, protein,  lemak, fosfor maupun zat besi yang kesemuanya itu dibutuhkan oleh tubuh kita untuk metabolisme.

4. Soup Ayam
Soup ayam terdiri dari sayuran dan ayam pada pokok komposisi bahannya pembuatannya. Soup ini cukup untuk memenuhi kebutuhan zat tubuh kita, karena dalam satu mangkok daja soup ayam sudah mewakili keseluruhan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal ini dikarenanakan dalam soup sudah ada kandungan mulai dari vitamin, karbohidrat, protein,  hingga lemak.

5. Capjay
Capjay udah tau dong yah? biasanya mamang mamang nasgor selain jual nasi goreng juga menjual capjay dan juga mie rebus. Komposisi Capjay yang dominan sayuran sangat baik bagi tubuh kita apalagi dicampur dengan telur dan terkadang ada yang menambahkan ayam, daging ataupun seafood seperti daging kepiting, udang maupun cumi. Hal itu membuat kandungan Capjay begitu kompleks dan sangat baik jika dikonsumsi oleh tubuh kita. Kandungan dari Capjay itu diantaranya adalah karbohidrat, protein, vitamin,  dan juga lemak. Perlu di ketahui bahwa satu mangkok capjay saja sudah dapat mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita.

Nah itu dia 5 makanan enak dan sehat dari resep masakan khas Indonesia. Bagaimana? dari kelima makanan tersebut adakah yang masuk dalam makanan favorit yang sering anda komsumsi? kalau ada silahkan untuk lebih sering mengkonsumsinya karena terbukti baik bagi tubuh kita asalkan tidak berlebihan tentunya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nah ini dia 5 makanan enak dan sehat dari resep masakan khas Indonesia"

Post a Comment