Menteri ESDM Baru Archandra Tahar Dicopot Dari Jabatanya, Ini Dia Alasannya

Warta Kita - Beberapa hari ini heboh soal kepemilikian paspor ganda dari Menteri ESDM baru Archandra Tahar yang menjadi polemik dan jadi perbincangan terutama dikalangan pemerintahan, hingga akhirnya hari ini Menteri ESDM Archandra Tahar diberhetikan dari jabatan menterinya. Penyebabnya adalah di Amerika Serikat apabila ingin memiliki paspor AS harus melalui proses naturalisasi, sedangkan di Indonesia sendiri tidak membenarkan adanya kepemilikian paspor ganda yang ketentuannya diatur dalam undang-undang. 

Menteri ESDM Baru Archandra Tahar Dicopot Dari Jabatanya, Ini Dia Alasannya

Hal ini artinya jika ada warga negara Indonesia yang ingin berpaspor AS maka harus melakukan proses naturalisasi sebagai warga negara AS dan sebaliknya hal ini membuat orang tersebut akan kehilangan kewarganegaraan Indonesianya karena Indonesia tidak menganut dwi kewarganegaraan. Hal ini lah yang akhirnya membuat Presiden Jokowi Mencopot jabatan Archandra karena menyalahi hukum yang ada. Demi hukum maka pencopotan ini harus dilakukan, sebagaimana dalam UU nomor 39 Tahun 2008 Tentang Kemernterian Negara secara jelas disebutkan bahwa seseorang yang akan diangkat menjadi seorang menteri haruslah seorang WNI.
Jika pencopotan ini tidak dilakukan maka presiden Jokowi pun bisa dinilai melanggar hukum yang ada karena yang mengangkat Archandra menjadi menteri adalah dirinya. Hamid Awalludin menyayangkan hal ini dan menganggap Archandra adalah orang yang memiliki porsi lebih besar terkait hal ini karena tidak melakukan pemberitahuan mengenai paspor dan status kewargaeraan asingnya ke pemerintah Indonesia. Lanjut Hamid "Ketidak jujurannya sebagai pemegang paspor Amerika adalah pokok dari kesalahannya"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menteri ESDM Baru Archandra Tahar Dicopot Dari Jabatanya, Ini Dia Alasannya"

Post a Comment