Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Siap Gelontorkan Anggaran Rp 175 miliar per tahun untuk program asuransi jiwa bagi nelayan

shares |

Warta Kita - Kabar gemberi datang dari sektor perikanan Indonesia, sepertinya nasib nelayan Indonesia mulai terperhatikan. Baru - baru ini Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Siap Gelontorkan Anggaran Rp 175 miliar per tahun nya untuk program asuransi jiwa bagi seluruh nelayan yang tersebar di setiap jengkal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebelumnya isu kesejahteraan memang selalu menjadi sorotan, karena hampir di setiap wilayah kampung - kampung nelayan di seluruh Indonesia berada di ambang kemiskinan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Siap Gelontorkan Anggaran Rp 175 miliar per tahun untuk program asuransi jiwa bagi nelayan

Pekerjaan sebagai nelayan bukan hal yang mudah kareda bahaya selalu berada di depan mata, dari potensi kecelakaan kerja hingga musibah karena cuaca buruk selalu menghantui. Tidak adanya jaring pengaman untuk para nelayan ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi pemerintah mengingat besarnya resiko kerja tersebut, padahal sektor perikanan memiliki andil besar bagi pembangunan dan kemajuan negara kita.

Menilik hal tersebut menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti beserta jajarannya memprogramkan untuk pengadaan asuransi jiwa bagi seluruh nelayan indonesia. Rencana program ini pun mendekati realisasinya dimana tahap awal dari program ini akan ada sebanyak 1 juta nelayan yang mendapatkan fasilitas tersebut. 

Menteri Susi menambahkan bahwa jumlah yang sekian ini nantinya akan masuk dalam anggaran kementeriannya setiap tahunnya. Pada tahap awal ini Pemerintah berkomitmen untuk menanggung polis asuransi pada tahun pertama program ini di canangkan agar dapat membantu perusahaan perikanan yang skalanya masih kecil, tetapi nantinya semua perusahaan perikanan yang ada akan di dorong untung memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan dari pekerja.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment