Harga Rokok Naik Jadi 50 Ribu Bulan Depan, Benarkah?

Warta Kita - Pasti sudah pada tahu dong bahaya yang dapat diakibatkan oleh merokok?, apalagi di bungkus rokok sekerang ada tulisan "Rokok Membunuhmu" dengan hiasan gambar penyakit akibat yang terlihat mengerikan serta himbauan akibat rokok pada sebelum-sebelumnya pun tetap melekat yang menyebutkan "Rokok dapat menyebabkan impotensi, kanker, serangan jantung dan gangguan kehamilan" namun semuanya itu tak berpengaruh masih banyak yang merokok bahkan anak-anak kecil sekarang sudah mulai merokok. Lalu apakah langkah yang tepat?. Pemerintah mewacanakan harga rokok naik menjadi 50 ribu, wowww kayaknya tanpa perlu merokok para perokok aktif sudah langsung jantungan yah mengetahui berita ini hehehe.
Jadi memang cukai rokok setiap tahunnya memang selalu naik tetapi angkanya tidak terlalu signifikan dimana sekarang harganya di kisaran 10rb - 20rb an perbungkus rata-rata, tetapi apa jadinya jika harga rokok naik lebih dari 100% menjadi 50ribu?. Dampak yang paling akan terasa akan di alami para perokok dimana biasanya merokok untuk menghilangkan pusing sekarang justru merokok akan membuat pusing dalam hal keuangan utamanya. Maklum kebanyakan perokok di Indonesia bahkan mending tidak makan daripada tidak merokok, kalau habis makan pahit katanya kalau tidak ngerokok. Untuk yang anak nongkrong baik itu di cafe bintang lima hingga yang kaki lima di angkringan mungkin akan bilang kalau kopi nya nanti temennya sama apa? Soalnya biasanya ada kopi ada rokok dunia serasa di genggaman.
Dalam bidang Ekonomi dampak dari kenaikan harga rokok yang signifikan mencapai 50ribu akam membuat penjualan tentu saja menurun, kalau kata orang-orang sih rokok menyumbangkan pendapatan yang besar ini buktinya (Baca ini: ). Tetapi itu pun bisa sebaliknya karena walaupun penjualan menurun tetapi angka keuntungan dan bea cukai rokok akan semakin besar perbatangnya dari pada sekarang jadi masih ada kemungkinan tetap ada pemasukan negara yang besar dari cukai rokok. Bergeser ke aekto Industri jika kebijakan harga rokok 50rb kemungkinan besar akan menekan pertumbuhan ekonomi dari industri rokok dari hulu hingga hilir mulai dari petani tembakau yang bisa kehilangan pendapatan hingga maksimalnya kebangkrutan perusahaan dan PHK besar-besaran terhadap pegawai pabrik rokok akibat produksinya berkurang.
Lalu apakah kebijakan tersebut menguntungkan jika diterapkan? Jawabannya ya tentu saja akan akan banyak manfaatnya. Saat ini perokok di Indonesia sudah bukan lagi orang dewasa saja bahkan anak SD jaman sekarang sudah banyak yang merokok bahkan Indonesia masuk sebagai negara dengan rata-rata perokok termuda di Dunia woowww. Hal ini menandakan bahwa perlu ada gebrakan keras untuk merubah itu, langkah menaikan harga rokok menjadi 50 ribu bisa jadi langkah tepat karena dengan harga tersebut akan menekan angka perokok di Indonesia terutama anak-anak yang masih bersekolah karena terbatas dalam hal keuangan serta akan sulit jika harus membeli rokok yang semahal itu. Penurunan jumlah perokok juga akan membuat lingkungan semakin sehat dan tingkat serangan akibat rokok kepada perokok pasif bisa di tekan dan ruang terbuka menjadi nyaman.
Dalam sebuah survey studi yang dilakukan kepada sample orang random didapat bahwa 80% lebih orang Indonesia setuju dengan wacana harga rokok naik 50rb tersebut. Ini yang di seurvey apa kebanyakan bukan perokoknya yah hehehe?. Yang jelas Rokok bagi masyarakat Indonesia terutama peroko menjadi satu hal yang tak terpisahkan, tetapi di lain hal akan ada banyak orang yang tidak bersalah terkena dampak negatif rokok padahal sebenarnya yang bersangkutan tidak merokok atau bisa di bilang perokok pasif.
Kalau kalian bagaimana sob jika rokok naik jadi 50 ribu?

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Harga Rokok Naik Jadi 50 Ribu Bulan Depan, Benarkah?"

  1. Bagi pemilik pabrik rokok. Gampang aja. Tinggal tambah candu nya. Perokok gak bakal berhenti walau anak kelaparan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeri sekali yah. tapi kan ada regulasinya bukanya pak untuk kandungan bahan adiktif dalam rokok :)

      Delete
  2. Gk ap di naikan aj 50rb / 100rb perbungkus.. petani ttep mash bisa tanam tembakao yg nanti ny jadi tingwe (glinting dewe) dan itu dampak ny lbh baik karna tak memakai caos hanya daun tembakau kering yg di pake

    ReplyDelete
  3. Gk ap di naikan aj 50rb / 100rb perbungkus.. petani ttep mash bisa tanam tembakao yg nanti ny jadi tingwe (glinting dewe) dan itu dampak ny lbh baik karna tak memakai caos hanya daun tembakau kering yg di pake

    ReplyDelete
  4. Gk ap di naikan aj 50rb / 100rb perbungkus.. petani ttep mash bisa tanam tembakao yg nanti ny jadi tingwe (glinting dewe) dan itu dampak ny lbh baik karna tak memakai caos hanya daun tembakau kering yg di pake

    ReplyDelete
  5. Penulis terlalu berpihak dalam membuat berita,mana mungkin banyak manfaatnya kalau banyak pengangguran. Mungkin tidak ada lagi beasiswa bulutangkis dari jarum dan tidak ada lagi medali emas dari cabang bulutangkis

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sebelumnya. tetapi memang yang masuk di otak penulis segitu. mohon di tambahkan apabila ada yg salah silahkan di koreksi

      Delete
  6. Kalau naik bakal banyak maling di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak mas? why? tergantung ah kayaknya ga naik juga banyak maling kok

      Delete
  7. mulai stok rokok utk di jual ulang bln dpn.. biart kaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha bener juga. tinggal 1 hari lagi bro ayok stok :)

      Delete
  8. Mau harga rokok 50/100Rb ttep saya bakal bli... Trkecuali pabrik Rokok nya di Bom di indonesia ini dan di musnahkan.bru saya bkal brenti karna udah ngak ada lagi penjual Rokok. Dan satu lagi.kalau harga Rokok di naikin orang" pecandu Rokok akan bealih ke ganja.karna harga ganja seimbang dengan harga Rokok biasa.

    ReplyDelete
  9. Mau harga rokok 50/100Rb ttep saya bakal bli... Trkecuali pabrik Rokok nya di Bom di indonesia ini dan di musnahkan.bru saya bkal brenti karna udah ngak ada lagi penjual Rokok. Dan satu lagi.kalau harga Rokok di naikin orang" pecandu Rokok akan bealih ke ganja.karna harga ganja seimbang dengan harga Rokok biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak serta merta juga mas. karena ganja n narkoba kan peredarannya terbtas dibandingkan dengan rokok serta ancaman pidana serta efek negatifnya semua orang tau

      Delete