Gloria Paskibraka, Jadi Bahasan Baru Setelah Archandra Tahar Dicopot Dari jabatan Menteri ESDM Terkait Kepemilikan Paspor Asing

Warta Kita - Arcandra Tahar secara resmi dicopot dari kursi Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi. Setelah masalah tersebut netizen kembali ramai soal paspor asing yaitu soal Gloria Paskibraka, bernama lengkap Gloria Natapradja Hamel ini harus memupus harapannya setelah batal dikukuhkan menjadi Paskibraka 2016 hanya beberapa hari sebelum hari kemerdekaan RI ke-71 esok hari, hal ini pun jadi Bahasan baru setelah Arcandra Tahar Dicopot Dari jabatan Menteri ESDM terkait kepemilikan paspor asing karena yang menimpa Gloria pun sama yaitu kepemilikan paspor prancis. Tetapi kasus keduanya ini berbeda karena kalau kasus Gloria ini adalah anak dari 2 kebangsaan dimana ibunya Indonesia dan sang ayah Prancis.
Menilik kasus yang di alami gloria ini maka ada peraturan UU yang bertentangan yaitu:
1. UU no. 12 Tahun 2006 dalam pasal 4 huruf d menyebutkan bahwa WNI adalah seorang anak yang lahir dari perkawinan sah antara seorang ayah dari WNA dengan seorang Ibu dari WNI. Juga dalam lanjutan UU No. 12 Tahun 2006 pasal 6 ayat 1 seorang anak dengan perkawinan antara WNA dan WNI akan menyebabkan sang anak berkewarganergaraan ganda hingga ia berumur 18 tahun atau menikah maka harus memilih salah satu kewarganegaraan teraebut.
Dalam pasal 12 ayat 1 masih di UU yang sama disebutkan jika anak belum berusia 18 tahun atau belum menikah tetapi berada dan bertempat tinggal di wilayah Indonesia dari ayah ataupun ibu yang berstatus WNI maka otomatis dia berstatus WNI. Hal inienguatkan posisi Gloria bahwasannya di masih memiliki hak dan status WNI karena masih berusia 16 tahun dan belum menikah, ditambah lagi yang bersangkutan sudah sedari kecil tinggal di Indonesia hingga saat ini.
2. UU No. 2 Tahun 2007 dalam Pasal 31 ayat 1 huruf g yang menybutkan WNI secara otomatis kehilangan status WNI nya jka mempunyai paspor atau surat yang bersifat paspor dari negara asing ataupun surat yang dapat di artikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masib berlaku di negara lain.

Lalu manakah yang berlaku dalam soal Gloria ini? Faktanya akibat kepemilikan paspor harus mengubur mimpi yang sudah didepan mata pupus karena adanya surat dari KemenKumham yang membuat dirinya batal dikukuhkan menjadi paskibraka. Melihat hal ini Menteri pemuda dan olahraga Imam Nahrawi berusha melobi agar Gloria tetap dapat menjadi bagian dari Paskibraka 2016.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gloria Paskibraka, Jadi Bahasan Baru Setelah Archandra Tahar Dicopot Dari jabatan Menteri ESDM Terkait Kepemilikan Paspor Asing"

Post a Comment