Belum Sebulan Archandra Tahar Jadi Menteri ESDM dalam Reshuffle Kabinet Jilid II Presiden Jokowi Mencopot Jabatannya

shares |

Warta Kita - Belum lama presiden Jokowi mengganti beberapa menterinya untuk meningkatkan kinerja pemerintahan di bawah pimpinannya salah satu yang terkena reshuffle adalah sosok menteri ESDM Sudirman Said yang di gantikan oleh nama baru yang belum terlalu familiar di telinga rakyat Indonesia yaitu Archandra Tahar. Namun ternyata, belum juga sebulan Archandra Tahar menjabat menjadi menteri ESDM dalam Reshuffle Kabinet Jilid II Presiden Jokowi Mencopot Jabatannya. Lalu kenapa? hal ini ditengarai karena isu yang berhembus menerpa sang menteri bahwa Archandra memiliki paspor ganda yaitu indonesia dan AS.
Belum Sebulan Archandra Tahar Jadi Menteri ESDM dalam Reshuffle Kabinet Jilid II Presiden Jokowi Mencopot Jabatannya

Archandra sendiri merupakan pebisnis di bidang migas yang lama berkiprah di Amerika Serikat. Demi memajukan sektor Energi dan Sumberdaya Mineral Indonesia, Presiden Jokowi memanggilnya untuk menduduki posisi menteri ESDM. Belum juga sebulan menduduki posisi tersebut ada kabar kurang sedap mengenai dirinya yang di isukan memiliki paspor ganda yaitu Indonesia dan AS sedangkan untuk memiliki paspor AS seseorang harus melalui proses naturalisasi terlebih dahulu sedangkan Indonesia sendiri tidak menganut sistem Dwi Kewarganeragaraan. Hal ini artinya apabila benar Archandra memiliki paspor AS secara undang-undang dia kehilangan kewarganergaraan Indonesianya.
Dalam sesi wawancara dengan wartawan saat diwawancara Archandra menyebutkan "nih lihat muka saya, padang begini" sambil tersenyum. Tetapi hal itu tidak menjawab apa-apa karena jika benar dia memiliki paspor AS dan kehilangan kewarganegaraan Indonesia nya maka dia akan berurusan dengan undang-undang KUHP, dan lagi dia membutuhkan waktu 5 tahun paling tidak untuk bisa mendapatkan kewarganergaraan Indonesia kembali.
Menyikapi polemik ini, presiden Jokowi akhirnya menjopot jabatan Menteri ESDM dari Archandra Tahar. Pemberhetian Archandra dari kursi Menteri ESDM adalah tidak lain adalah demi hukum. 

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment