Bahaya Bermain Game Pokemon Go Hingga Nyawa Melayang

shares |

Warta Kita - Game memang selalu punya cara membius penikmatnya tidak terkecuali game yang sedang hits dan menjadi demam yaitu game pokemon go. Sempat ditunggu hingga akhirnya bisa memainkannya melalui apk pihak ketiga lewat download game pokemon go apk akhirnya beberapa waktu lalu game ini resmi rilis di Indonesia. Game yang terinspirasi dengan anime jepang berjudul pokemon ini diciptakan oleh niantic dengan tujuan agar para gamer yang biasanya di anggap antisosial dan lebih banyak menghabiskan waktu diruangan serta didepan layar dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya melalui sistem augmented reality. Namun siapa sangka game ini menyimpan berbeagai bahaya tersembunyi yang mungkin dapat diakibatkan olehnya. Berikut ini adalah contoh kasus bahaya dari game pokemon go yang Warta Kita himpun.


Sejak booming game pokemon go ini beberapa instansi pemerintah terutama tni dan polri melarang seluruh anggota kesatuannya dan juga pengunjung di wilayah mereka bermain pokemon go, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kejahatan cyber terutama peretasan yang dapat mengancam data-data penting ataupun substansi yang dapat membahayakan negara mengingat game ini menggunakan sistem augmented reality. Pelarangan ini juga di ikuti beberapa instansi lain termasuk instana negara.

Tetapi fakta lain yang mencengangkan adalah bahaya bermain game pokemon go ternyata sudah menimbulkan korban bahkan hingga nyawa melayang. Tercatat ada lima kasus diantaranya menyebabkan korbannya meninggal, berikut kasus yang terjadi:

1. Bocah 11 tahun bernama Tabsirul Husna asal Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan meregang nyawa saat sedang berburu game pokemon go karena dibunuh temannya sendiri. Alasannya adalah pelaku yang bernama Jainal Hakim (18 Tahun) mangincar smartphone milik korban. Modusnya tersangka memanfaatkan kesukaan korban bermain game Pokemon go dengan mengajaknya berburu pokemon hingga akhirnya keduanya berangkat bersama menggunakan motor tersangka. Sesampainya di lokasi yang berada di sekitar hutan dekat daerah mereka tersangka menawarkan minuman soda yang dibawanya. Tidak dinyana ternyata minuman tersebut sudah dicampur dengan racun serangga dan akhirnya korban pun meregang nyawa di lokasi.

Pelaku kemudian mencoba menghilangkan jejak dengan membungkus mayat korban dengan karung lalu menguburnya barulah hp korban dibawa tersangka. Takut aksinya dapat terendus, pelaku kemudian tersangka jainal mengirim bbm ke kakak korban dengan hp tersebut menggunakan modus meminta tolong kalau korban di culik oleh tiga pria tidak dikenal menuju banjarmasin harapannya aksinya tidak ketahuan. 2 minggu berlalu keluarga korban kehilangan korban dibantu polisi melakukan pencarian hingga akhirnya polisi bisa membongkar aksinya dan jainal pun diringkus. Akibat aksinya ini jainal didakwakan dengan pasal pembunuhan berencana dan ingin memiliki barang milik korban.

2. Gadis 17 tahun asal Tamansari Bogor, Jawa Barat bernama Desi Ratnasari Dewi di jambret saat asik bermain game pokemon go di pinggir jalan di sekitaran warung legok. Desi sendiri tidak mengalami luka fisik, tetapi hp kesayangannya raib di gondol penjambret.

3. Karyawati berinisial BU juga mengalami penjambretan di daerah Kelapa Gading, Jakarta. Kejadian ini terjadi tepatnya pada juli lalu saat dirinya asik bermain game pokemon go saat perjalanan pulang kerja, sama dengan kejadian sebelumnya hp sang karyawatipun berpindah tangan ke sang jambret.

4. Ismi Oim Mustaq seorang penduduk di kota Sungailiat Kepulauan Bangka Belitung bernasib nahas karena asik bermain pokemon go dan tidak memperhatikan wilayah disekitarnya hingga akhirnya dia terjebut ke laut di dekat Dermaga. Beruntung banyak orang yang melihat dan bergegas menolong hingga nyawanya terselamatkan namun hp miliknya mati karena terkena air laut.

5. Seorang pemuda yang tidak diketahui namanya di Sorong, Papua Barat juga jatuh kelaut saat kapal yang di tumpanginya akan sandar di dermaga pelabuhan Sorong. Pemuda tersebut diketahui ternyata sedang asik bermain gam pokemon go.

Mengingat sudah banyak jatuhnya korban akibat Bahaya Bermain Game Pokemon Go Hingga Nyawa Melayang, para trainer (Pemain Pokemon go) agar lebih hati-hati dalam memainkan game ini jangan sampai lupa waktu dan tidak memperhatikan kondisi sekitar karena bahaya bisa menimpa kita kapan saja dan dimana saja tanpa kita ketahui.

Silahkan Bantu Share Artikel Ini Agar Teman-teman atau keluargamu yang suka bermain pokemon go terhindar dari bahaya :)
 

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment