Resmi! Menag Lukman Hakim Saifuddin umumkan 1 syawal 1437 H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016

Warta Kita - Kemenag menggelar sidang isbat pada hari ini untuk menentukan hari raya idul fitri tahun ini 1 Syawal 1437 H dan diumumkan secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin langsung dari Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia bahwa lebaran tahun ini jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016 nanti atau 2 hari lagi.
Resmi! Menag Lukman Hakim Saifuddin umumkan 1 syawal 1437 H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016

Penentuan ini diambil setelah mendapatkan laporan dari pantauan hilal yang di lakukan di 90 titik yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan di ketahui bahwa hilal belum tampak, yang artinya bahwa tahun ini baik PBNU mau Muhammadiyah akan kembali merayakan Hari Raya secara serempak di hari yang sama setelah beberapa waktu lalu Pimpinan Muhammadiyah sudah mengumumkan terlebih dahulu bahwa 1 syawal jatuh pada 6 Juli 2016.

Acara sidang isbat sendiri diwalai dengan paparan dari Tim Badan Hisab Rukyat Indonesia tentang hasil pantauan posisi hilal hari ini secara astronomis dan disela shalat maghrib baru dilanjutkan dengan penentuan setelahnya. Perwakilan ormas banyak yang hadir dalam sidang isbat kali ini diantaranya dari PBNU serta Muhammadiyah dan juga beberapa Perwakilan dari Dubes negara negara muslim sahabat seperti Malaysia, Arab, Pakistan, Palestina, Al Jazair hingga Iran. Dalam penentuannya ini berpedoman pada Fatwa MUI No. 2 Tahun 2004 yang mengatur tentang penetapan Awalh Ramadan, Syawal dan juga Dzulhijjah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resmi! Menag Lukman Hakim Saifuddin umumkan 1 syawal 1437 H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016"

Post a Comment