Waspada, brebes timur dan tegal berpotensi jadi pusat kemacetan arus mudik lebaran 2016

shares |

Warta Kita - Bulan puasa sudah setengah jalan yang artinya sebentar lagi akan ada siklus mudik tahunan. Kalau bicara soal mudik identik dengan kata "macet". Bagaimana tidak, jutaan orang dari lokasi kerja dikota kota besar terutama jakarta akan pulang kampung dalam waktu dalam waktu yang hampir berbarengan, hal ini lah yang menimbulkan macet. Tidak bisa dipungkiri hal itu hampir pasti terjadi karena jadwal cuti bersama antar perusahan dengan perusahaan yang lain atau instansi satu dengan instansi yang lain hampir bersamaan.


Pemerintah mengantisipasi ini disetiap tahunnya dengan berbagai upaya mulai dari menerapkan sistem buka tutup, menyelenggarakan mudik gratis dan sebagainya. Untuk tahun ini adalah yaitu dengan dengan tol yang terintegrasi dari Cipali ditambah dengan tol pejagan brebes timur yang baru saja di resmikan oleh presiden Jokowi beberapa saat lalu. Namun hal ini pun bukan tanpa kendala, karena ada kemungkinan kemacetan yang cukup parah di daerah brebes timur nantinya mengingat pada pintu keluar tol brebes timur akan kembali menyatu dengan jalan pantura biasanya.

Selain brebes timur kota tetangganya yaitu tegal juga berpotensi menjadi titik kemacetan natinya. Ditambah didaerah daerah ini ada budaya yang namanya prepegan atau berbelanja padan H-2 atau H-1 lebaran yang pastinya jalanan akan sangat ramai, menyebabkan kemacetan hampir tidak mungkin dihindarkan. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menghimbau agar Para pemudik dapat bersabar  selama perjalanan mudik mengingat akan padatnya arus lalu lintas dan jangan sampai aaling menyerobot. Badrodin menambahkan bahwa untuk mengantisipasi hal ini pihaknya pada titik titik tersebut serta dilakukan pengamanan ekstra. Tak kurang 1000 personil dari Mabes Polri akan di kerahkan untuk membackup pengamanan pada daerah - daerah tersebut di jawa tengah.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment