Pernah Mengobati Luka Bakar Dengan Pasta Gigi? Jangan Dilakukan Lagi, Yang Benar Begini Caranya

Pernah Mengobati Luka Bakar Dengan Pasta Gigi? Jangan Dilakukan Lagi, Yang Benar Begini Caranya
Warta Kita - Selamat malam pembaca yang budiman, kali ini wartakansaja.blogspot.com akan membahas mengenai apa yang harus kita lakukan saat terkena luka bakar guys. Jadi, luka bakar itu merupakan kerusaran pada jaringan atatupun kehilangan jaringan dikarenakan suhu tinggi (panas) dan atau suhu yang sangat rendah (dingin). Nah begitu teman - teman suhu yang sangat dingin pun bisa menyebabkan luka bakal loh, untuk penyebab lainnya bisa karena bahan kimi, gesekan, listrik ataupun radiasi. Luka bakar sendiri memiliki tingkat derajat yang berbeda - beda dimana karena perbedaan tersebut penanganannya pun juga berbeda tergantung pada bagian mana yang terkena, tingkat keparahan luka dan juga komplikasi yang terjadi pada luka tersebut.

Penanganan untuk luka bakar prinsipnya sama dengan ketika kita mengalami luka - luka lainnnya yaitu harus segera dan steril. Ini ada bahasan menarik dimana masyarakat kita sering menemukan kalau terkena luka bakar langsung diberi pasta gigi, entah ini awalnya darimana tapi metode pengobatan ini sebernarnya salah. Lalu kenapa pakai pasta gigi itu salah? dan bagaimana yang benar?, jika menggunakan pasta gigi maka luka bakar akan bersentuhan langsung dengan kuman yang terdapat di pasta gigi. Selain itu banyak kandungan lain yang terkandung di dalam pasta gigi seperti pewarna, pemutih dan juga zat - zat lainnya yang bukan peruntukannya yang bisa berbahaya dan menimbulkan infeksi lain pada luka tersebut. Pasta gigi juga dapat menutupi kulit yang akan menghambat cairan yang akan keluar dari dalam tunggu sehingga proses penyembuhan pun terhambat. Memang pemberian pasta gigi membuat adem tapi perhatikan juga efeknya. 

Langkah penanganan luka bakar yang benar adalah mengguyurnya dengan air bila perlu ari yang mengalir atau menempelkan es batu, hal ini untuk menjaga agar suhu sekitar luka tidak semakin tinggi dan terjaga sehingga kerusakan jaringannya tidak semakin melebar dan luka semakin parah. Untuk pengobatan pada luka bakar sendiri bisa dilakukan dengan salep yang dibeli di apotik yang khusus untuk luka bakar dengan catatan luka bakarnya ringan serta tidak perlu ditutup. Apabila terdapat gelembung maka biarkan sampai pecah dengan sendirinya dan setelahnya jangan terkena paparan air karena kulit bagian dalam masih mudah ditembus oleh kuman. Jika luka bakar yang terjadi berat maka setelah penanganan awal langsung ke pelayananan kesehatan terdekat bila perlu rumah sakit.

Bagaimana mana pembaca sekalian? ada yang mengobati luka bakar dengan pasta gigi? mulai sekarang hentikan dan lakukan pengobatan yang benar. Keep Healthy :)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pernah Mengobati Luka Bakar Dengan Pasta Gigi? Jangan Dilakukan Lagi, Yang Benar Begini Caranya"

  1. dulu pernah di beritahu dokter pake pasta gigi berarti salah ya :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, bener itu bikin dingin tapi ada efek samping2 nya yg g bsa di abaikan hehehe

      Delete