Indonesia Bangga dengan Rio Haryanto, Si Pencatat Sejarah Orang Indonesia Pertama Yang Masuk Ajang Formula 1 (F1)

Sumber: warta.co

"Indonesia Layak Bangga dengan Salah satu anak mudanya yang mampu menembus ke Formula 1 (F1). RIO HARYANTO, Dialah Orangnya"
Warta Kita - Tampan, muda dan berprestasi, dari Aceh hingga ke Papua pasti setuju dong kalo tiga kata itu pantas disematkan kepada Rio Haryanto. Bagaimana tidak?, Rio merupakan satu - satunya orang yang membawa nama indonesia sampe ke Formula 1 ajang balap nomer wahid di dunia berjajar untuk berkompetisi bersama nama - nama besar seperti Kimi Raikkonen, Lewis Hamilton, Felipe Massa dan juga nama - nama beken lainnya yang sebelumnya mungkin bisa dibilang cuma mimpi berkatnya kini jadi kenyataan. Pria yang lahir di Solo, 22 Januari 1993 ini memeulai karir balapnya dari bawah sejak usianya masih 6 tahun,hal ini mungkin karena ayahnya yang juga merupakan seorang pembalap yaitu Sinyo Haryanto yang menjadi idolanya selain Michael Schumaker dan Ayrton Senna yeng mendorongnya untuk menjadi seorang pembalap, Rio berujar bahwa sejak kecil dia memang didorong sang ayah untuk menjadi pembalap, dari sana dia terinspirasi untuk menjadi seorang pembalap profesional. Siapa sangka dorongan sang ayah tersebut membuat nya terdorong hingga mencicipi kasta tertinggi dari balap yang digelutinya yaiut "FORMULA 1 atau F1", luar biasa!.

Rio memulai debutnya di F1 pada tanggal 20 Maret lalu di Australia. Menepati start diposisi paling buntut yaitu 20, Rio mampu maju sampai urutan 18. Sayangnya, karena adanya masalah pada mobilnya di putaran ke-18 rio harus menepi dan mengahiri balapan debutnya lebih awal. Meski belum mulus di laga debutnya, dia tetap optimis untuk race ke-2 nya di bahrain pada 3 April nanti. fighting Rio!!!

Perjalanan karir Rio di duni balap cukup panjang, yaitu dimulai dari:
- (Kategori KART RACE). Pada umur 6 tahun Rio ikut berbagai balap Kart Race, sampai pada 1999 dia menjuarai Pertamina Kart Race 4th Round dengan menyabet juara 1 National Championship. Berlanjut pada tahun 2005 dan 2006, dia dianugerahi penghargaan sebagai Atlet Gokart Terbaik Junior. Hingga pada 2008 Rio menjadi juara pertama Asianv Karting Open Champhionship seri 1 yang di selenggarakan di Guia, Makau.
 - (Kategori FORMULA ASIA 2.0 Champhionship). Ingin menginjakan kakinya di tempat yang lebih tinggi Rio mengikuti Formula Asia 2.0 Champhionship pada 2008 dan menyabet juara 1 pada seri 12 race 2 Shanghai. Setahun berselang dia memenangi kejuaraan Formula BMW dengan total 6 seri, 15 round dengan sebanyak 14 kali naik podium.
- (Kategori GP3). Kecemerlangan Rio berlanjut hingga pada 2010 dia mendaftarkan diri di GP3 Europe Series 2010 dan berhasil juara 1 seri 2 race 2, Instanbul, Turki. Disusul 1st runner-up di Silverstone, 2nd runner-up di Monza, Italy dan berhasil meraih The Best Driver Manor Racing dan bertengger di peringkat 5 klasemen terakhir kala itu. Dan juga Rio menyabet penghargaan sebagi The Best Win of Season GP3 Series 2011.
- (Kategori GP2 hingga FORMULA I). Memulai race perdana di GP2 pada 2012, Rio meraih juara pertama pada race 2 Silverstone di Inggris. Prestasinya di GP2 jadi loncatan Rio menapai karir yang lebih tinggi lagi hingga akhirnya, Pada tanggal 20 Maret lalu Rio mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai orang pertama di Indonesia yang masuk ke lomba balap paling wahi FORMULA I. 

Semoga Kisah Sukses RIO HARYANTO sebagai pembalap yang mengharumkan nama indonesia di kancah dunia dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berprestasi dan meraih mimpi - mimpi kalian. Ayo terus dukung RIO untuk Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indonesia Bangga dengan Rio Haryanto, Si Pencatat Sejarah Orang Indonesia Pertama Yang Masuk Ajang Formula 1 (F1)"

Post a Comment