YOGYAKARTA

shares |

1 kota banyak makan dengan jutaan cerita bahkan tak terhingga. Ketika kita mendengar kata Jogja mungkin yang pertama terlintas di keala kita adalah "gudeg" ya benar, itu adalah salah satu makanan khas paling terkenal di Jogja. Ada banyak hal yang dapat mendeskripsikan Jogja baik kuliner, wisata, pendidikan juga budayanya. Berikut saya deskripsikan tentang beberapa hal tersebut secara umum sebagai perkenalan saja.
*KULINER
Salah satu kuliner di Jogja yang paling terkenal adalah gudeg, yes makan yang satu ini sangat dan erat sekali terkait dengan kota Yogyakarta. GUdeg bisa kita temui diberbagai tempat di Jogja termasuk di jalan yang paling terkenal yaitu Malioboro, disana disepanjang jalan kalian dapat menemui orang - orang berjualan gudeg. salah 1 gudeg yang terkenal di Jogja adalah "Gudeg Yu Djum", ya warung gudeg yang 1 ini cukup terkenal. Banyak orang - orang penting Indonesia sering kesana dari tokoh pemerintah sampai artis pun juga.
YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
Disana anda dapat memilih berbagai variant gudeg dengan kisaran harga Rp. 10.000 - Rp. 250.000, bagaimana? cukup terjangkau bukan?. Masih banyak juga loh gudeg - gudeg di jogja yang kalah enak.
*WISATA
Kota JOgja selain terkenal dengan kuliner nya juga wisatanya, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri yang membuat ribuan orang mau datang berwisata ke jogja setiap harinya baik wisatawan local maupun mancanegara. Berikut tempat perlu dikunjungi ketika kamu datang ke kota jogja. Yang pertama adalah
- Jl. Malioboro
YOGYAKARTA
Salah 1 destinasi utama ketika ke Jogja, karena kalo ke Jogja tanpa ke Malioboro itu ibarat sayur tanpa garam guys. Karena malioboro merupakan destinasi utama sekaligus tempat perbelanjaan utama di Jogja disana kalian bisa berbelanja pernak pernik dan oleh - oleh khas Jogja, menyaksikan pentas - pentas seni anak jalanan, atau sekedar menikmati suasana Jogja sambil foto - foto.
- Kraton Kasultanan Yogyakarta
YOGYAKARTA
Sumber: gunawans
Merupakan pusat dari pemerintahan Kasultanan Yogyakarta hingga saat ini masih aktif digunakan untuk acara - acara Kasultanan Jogja. Keindahan arsitekturnya merupakan salah 1 daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan mengunjunginya.
- Taman Sari
YOGYAKARTA
Sumber: Foto andre_ina
Tamansari merupakan kebun dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang terletak tidak jauh dari Keraton Kasultanan Yogyakarta memiliki arsitektur yang sangat indah pemandangan yang menggugah kagum ada disana. Mulai dari pemandian lorong bawah tanah juga ada disana yang sayang anda lewatkan ketika berkunjung ke Yogyakarta.
Selain tempat - tempat yang saya sebutkan di atas masih banyak lagi loh tempat wisata dijogja. apalagi disekitaran Jogja yang masih masuk wilayah DIY. Menarik bukan?
* PENDIDIKAN
Yes, selanjutnya Yogyakarta terkenal dengan "kota pelajar". Kenapa? mungkin salah satunya adalah karena bapak pendidikan nasional kita "Ki Hajar Dewantara" di lahirkan di kota ini serta banyak tokoh - tokoh nasional yang menempuh pendidikan di kota ini. Eiiiittss tapi tunggu dulu bukan cuma itu loh guys, kurang lebih 20% dari penduduknya adalah pelajar baik sekolah maupu di perguruan tinggi. Selanjutnya jumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dikota ini sangat banyak yaitu lebih dari 130an perguruan tinggi, satu kata untuk kota ini adalah WOOooowwww!!!. Beberapa perguruan tinggi di Jogja menduduki daftar perguruan tinggi terbaik loh di Indonesia.
* BUDAYA
Jogja merupakan kota yang memiliki warisan budaya yang amat banyak, yang merupakan kekayaan nasional yang ternilai harganya. Budaya warisan Jogja diantaranya adalah:
- Wayang
YOGYAKARTA
Mengisahkan berbagai cerita pewayangan semisal samayana dengan di iringi gamelan jawa serta lantunan suara sinden jawa yang melengking merdu sayang untuk dilewatkan. Wayang merupakan warisan budaya yang amat agung dan perlu dijaga kelestariannya.
- Pakaian Adat Jogja
YOGYAKARTA
Pakaian adat Jogja sangat khas denganblangkon di kepala, merupakan warisan budaya yang sangat indah. Sudah tidak terlalu diapakai untuk kegiatan umum tetapi pakaian adat masih tetap lestari terutama di acara-acara Keraton Kasultanan Yogyakarta ataupun pakaian - pakaian abdi dalem keraton serta pakaian dalam acara nikahan.
- Gamelan Jogja
YOGYAKARTA
Bisa dilihat bahwa banyak orang ingin belajar tentang budaya indonesia salah i nya gamelan ini. Masih ada akan tetapi tidak terlalu banyak, biasanya menjadi pengiring wayang atau tarian - tarian jawa. Kombinasi nada dari masing - masing instrument alat musik gamelan yang menciptakan musik yang amat enak untuk di dengar.
- Keris
YOGYAKARTA
Warisan budaya Indonesia dengan ukiran detail yang amat indah ini dulunya merupakan senjata yang digunakan untuk bertarung, sekarang merupakan hiasan yang juga sering ditemui sebagai panduan untuk baju adat jawa. Beberapa keris masih dianggap sebagai benda pusaka dan memeliki taji.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment